Kemerdekaan dan Kebangkitan Nawa Cita

Pada momentum hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-73 tahun saat ini. Bangsa Indonesia harus bangun dari siuman yang telah lama. Gelora nasionalisme dan persatuan membangun negeri tercinta ini harus selalu didengung-dengunkan setiap saat. Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla harus selalu bangkit, bangkit dan bangkit untuk memperbaiki negeri tercinta dari sisi kesejahteraan, kemakmuran dan keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kemerdekaan Indonesia merupakan masa di mana bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia yang sebelumnya tidak pernah muncul selama masa kolonialisme. Dalam masa ini muncul sekelompok masyarakat Indonesia yang menginginkan adanya perubahan karena penindasan.

Dalam konteks kemerdekaan Indonesia saat ini, apakah di era pemerintahan Jokowi-JK ini sudah menunjukan rasa nasionalisme, mencintai tanah air dan mencintai rakyat Indonesia ? kemerdekaan Indonesia yang merupakan bagian dari kebangkitan Nawacita sudah diimplementasikan oleh Presiden Joko Widodo.

Kemerdekaan bangsa Indonesia kini mulai cerah dan diterapkan oleh pemerintahan saat ini. Kemerdekaan Indonesia yang berdasarkan pada Sembilan program Nawacita ini pun sudah menyentuh seluruh kepentingan rakyat Indonesia. Setidaknya ada tiga kementerian yang paling bertanggung jawab dan menentukkan jalan perubahan atau mandeknya bangsa Indonesia yang sesuai dengan visi dan misi semangat Nawacita..

Pertama, Menteri Ekonomi Sri Mulyani, Kementerian Keuangan merupakan instansi pemerintah yang mempunyai peranan vital di dalam suatu negara untuk melakukan pembangunan perekonomian. Pembangunan ekonomi akan berjalan lancar apabila disertai dengan administrasi yang baik dalam pengelolaan keuangan negara. Peranan vital kementerian keuangan adalah mengelola keuangan negara dan membantu pimpinan negara dalam bidang keuangan dan kekayaan negara serta sebagai penjaga keuangan negara. Pada saat ini ekonomi Indonesia sudah membaik dan daya beli konsumen semakin tinggi. Fakta ini menunjukkan ada bahwa tidak ada masalah dalam perekonomian di Indonesia. Upaya meningkatkan Kemandirian Ekonomi yang sesuai dengan semangat Nawacita pun sudah terwujudkan.

Kedua, Kepala Bappenas, kementerian PPN/Bappenasyang mempunyai tugas menyelenggarakan urusan di bidang perencanaan pembangunan nasional dalam pemerintahan untuk membantu Presidendalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Kementerian ini diharapkan mampu menghasilkan rencana pembangunan nasional yang berkualitas, baik berupa RPJMN. Selain itu, juga terkait dengan tugas-tugas lain (penugasan khusus) yang diberikan Presiden atau Pemerintah kepada Kementerian PPN/Bappenas, misalnya dalam hal penanganan masalah-masalah yang memerlukan penanganan lintas instansi dan lintas sektor/bidang dengan skala besar.

Upaya pembangunan nasional untuk Indonesia lima ke depan menjadi sangat penting dan harus sesuai dengan semangat Nawacita. Pada poin kelima Program Nawacita tentang meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan dengan program “Indonesia Pintar”; serta peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan program “Indonesia Kerja” dan “Indonesia Sejahtera” sampai kini belum benar benar terimplementasikan oleh Kementerian Bappenas yang sudah semestinya bertanggung jawab untuk meningkatkan pembangunan nasional rakyat Indonesia dari sumber daya manusia dan sektor dunia kerja belum memuaskan masyarakat Indonesia.

Ketiga, menteri PAN dan Reformasi Birokrasi. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mempunyai tugas menyelenggarakan urusan di bidang pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Pentingnya peran birokrasi, dalam mengimplementasikan kebijakan pemerintah, yang merupakan produk politik.

Kementerian ini menjadi sangat penting dalam upaya penyelenggara negara, karena para birokrat itulah yang menjadi pelaksana negara untuk mencapai good governance sehingga masyarakat terlayani. Kinerja pemerintahan saat ini sudah menerapkan program Nawacita pada point kedua, yakni membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya, dengan memberikan prioritas pada upaya memulihkan kepercayaan publik. Praktik korupsi masih terjadi dalam sistem birokrasi pemerintahan kita. Perilaku korupsi dan korupsi menyebabkan birokrasi di Indonesia berkembang jauh meninggalkan fungsi birokrasi, yakni memberikan pelayanan yang terbaik untuk rakyat Indonesia.

Dengan demikian, pada momentum hari kemerdekaan Indonesia saat ini, maka kebangkitan semangat Nawacita harus dimulai detik ini untuk menciptakan perubahan-perubahan yang lebih baik. Semangat Nawacita harus bangkit dan segera memperbaiki kondisi bangsa Indonesia menuju kesejahteraan. Presiden Joko Widodo harus konsisten untuk menjalankan visi-misi Nawacita untuk tujuaan kepentingan nasional Semoga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *